Wednesday, March 13, 2013

temukan karir anda


 
BELUM DAPAT PEKERJAAN? JANGAN STRES!
 
Merasa sedih dan kecewa karena belum juga mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang wajar. Apalagi jika teman kuliah Anda yang lain telah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu. Jika Anda sedang berada dalam kondisi seperti ini, jangan terlalu larut dalam kesedihan ya. Karena hal ini dapat memicu terjadinya stres, baik yang Anda sadari maupun yang tidak Anda sadari. Daripada membuang-buang waktu dengan larut ke dalam kesedihan, sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk menjalani hari yang baru. Jangan khawatir, Cosmo memiliki beberapa tip untuk Anda.
Kembangkan Potensi Diri
Sebaiknya ambil sisi positif dari kondisi Anda saat ini. Salah satunya, Anda masih memiliki waktu dan kesempatan besar untuk melakukan berbagai hal yang dapat membantu Anda mengembangkan diri. Ikuti seminar atau workshop yang dapat menambah keahlian dan pengalaman Anda. Ini dapat menjadi nilai plus dalam CV Anda, lho.
Jejaring Sosial
Jika Anda memiliki akun di berbagai jejaring sosial yang sedang tren saat ini, daripada sibuk mem-follow akun para selebriti sebagai bahan gossip, bagaimana bila Anda menyimak akun yang menawarkan info tentang lowongan pekerjaan.
Upgrade CV
Mungkin saja salah satu hal yang membuat Anda belum mendapat panggilan wawancara kerja adalah CV Anda yang kurang menarik. Cobalah untuk tidak membuat CV yang kaku dan terlalu biasa. Anda bisa mempelajari bagaimana struktur CV yang tepat dari berbagai sumber. Di samping itu, pastikan bahwa Anda menggunakan template yang menarik, asalkan tidak berlebihan. Pastinya sesuaikan juga dengan perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Untuk bidang pekerjaan kreatif, Anda bisa mengirimkan CV yang lebih kreatif pula.
 

SEGERA TEMUKAN JALUR KARIER ANDA
 
Beberapa bulan belakangan ini Anda sering merenung di depan komputer kantor dan selalu bertanya dalam hati, “Apakah ini yang ingin saya lakukan seumur hidup?” Well, rasanya bukan cuma Anda yang tengah merasakan hal itu, ladies. Tapi bukan wanita Cosmo namanya jika Anda menyerah pada karier yang stuck atau (even worse) tidak Anda inginkan. Dan jika Anda selalu membaca berbagai buku karier super-tebal tapi justru melihatnya sebagai beban, sekaranglah saatnya “banting stir” dan mulai mengambil langkah pasti untuk menggapai karier impian.
“Fight” Yourself
Ketika Anda ingin melakukan perubahan, sangatlah wajar ketika hadir pergulatan batin. “Inikah langkah yang tepat?”, “Bagaimana jika gagal?”, atau “Apakah si dia akan mendukung?” adalah beberapa pertanyaan standar yang pasti akan Anda hadapi. Yakinkan diri bahwa Anda bisa sukses dengan melukis, menjadi koki profesional, atau arsitek seperti cita-cita Anda semasa kecil. Karenanya Anda harus memenangkan pertarungan dengan diri Anda sendiri dulu sebelum mengambil langkah selanjutnya.
Move Your Feet
Setelah Anda memantapkan niat, segeralah bertindak! Tulis berbagai macam kegiatan serta aktifitas yang paling Anda senangi, lalu cocokan dengan jenis pekerjaan yang melibatkan hal menyenangkan tersebut. Ini merupakan langkah awal untuk mengetahui minat serta keinginan dalam meniti karier. Lihat juga keahlian dan kemampuan yang dimiliki, agar dapat menunjang pilihan karier tersebut. Jika Anda kesulitan menemukannya, berbagai tes minat karier dapat membantu dalam proses ini.
Pendidikan Itu (Selalu) Penting
Yes, victory loves preparation, dan amunisi paling berpengaruh dalam pencapaian ini adalah dengan pengetahuan serta wawasan yang Anda miliki dalam memasuki karier. Jalur edukasi formal sampai saat ini dinilai berhasil untuk memberikan pengetahuan dasar dalam minat yang dipilih, dan didukung lingkungan yang membuat Anda kaya akan informasi dan kreatifitas. Jangan pernah malu untuk memulai lagi pendidikan formal Anda karena tak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Tyra Banks saja bahkan tak ragu untuk kembali menempuh jalur edukasi di Harvard Bussiness School pada usia 38 tahun, dear. See her as your role model!
Ikut Kegiatan Penujang Karier
Jika Anda ingin menjadi seorang financial advisor, tak ada salahnya untuk menghadiri seminar-seminar yang diadakan oleh para pakar seperti Ligwina Hananto, atau ikut kursus singkat memasak bersama Farah Quinn jika Anda ingin mengikuti jejaknya. Menambah kemampuan bahasa juga bisa dijadikan pilihan lho, seperti mengambil kursus bahasa Prancis untuk mengejar mimpi sampai ke kota mode dunia.
Percaya Diri
Dengan segala persiapan matang yang telah dijalani serta kemampuan yang dikuasai, saatnya menampilkan hal tersebut dalam diri dan juga sikap Anda. Berani untuk menunjukkan diri, serta menunjukkan perusahaan yang dituju bahwa Anda layak untuk bergabung. Or else, berani untuk memulai bisnis sendiri dengan segala persiapan yang sudah direncanakan tadi.

YANG BISA DILAKUKAN SAAT BOSAN DI KANTOR
 
Mungkin Anda tidak bekerja di perusahaan yang membolehkan Anda pulang saat kerjaan sudah selesai. Justru sebagian besar diwajibkan untuk menunggu jam pulang kantor sekalipun pekerjaan telah selesai dikerjakan. Right? Lalu apa yang bisa Anda lakukan seandainya sudah tak ada lagi yang bisa dikerjakan di kantor? Berikut Cosmo berikan solusi untuk mengisi kebosanan dengan cara yang produktif.
Catch Up Info
Yup, kalau memang ada waktu luang, pergunakanlah waktu tersebut untuk meng-update diri Anda dengan berbagai issue terkini. Anda bisa browsing, blogging, atau juga mengecek social media. Yang jelas, pastikan diri Anda tidak ketinggalan segala berita yang sedang ramai orang perbincangkan.
Expand Knowledge
Anda sudah merasa pekerjaan dan kehidupan Anda saat ini cukup memuaskan, lalu Anda berhenti menambah skill baru. Oh, that's a big no, dear! Manfaatkan waktu luang dengan menambah skill baru, seperti misalnya belajar menggunakan software komputer teranyar, atau bahasa asing. Coba ikuti saja kursus online yang sekarang sudah marak di internet.
Organize Your Work Space
Bagi Anda yang super sibuk dan belum sempat menata pekerjaan Anda dengan benar, ini merupakan saat yang tepat untuk mulai mengaturnya. Mulailah dengan mencatat semua schedule di agenda, atur prioritas, lalu rapikan meja. Voila! Mulai sekarang Anda pun akan lebih terorganisasi.
Reflection
Nah, ketika meja kerja dan pekerjaan Anda sudah lebih terorganisir, mungkin kini saatnya Anda mengevaluasi hasil kerja dan pencapaian selama ini, lalu update jurnal, portofolio dan juga resume Anda. Tidak ada salahnya Anda selalu melakukan hal ini, siapa tahu Anda justru mendapatkan tawaran yang lebih baik untuk karier dan masa depan Anda!
 

No comments:

Post a Comment