Thursday, March 7, 2013

strategi kreatif bisnis online



 

JAKARTA, KOMPAS.com - Media online membutuhkan kreativitas ketika menghadapi persaingan dalam bisnis online.Langkah tersebut dapat memberikan kepuasan bagi konsumen untuk menggunakan konten-konten yang ditawarkan oleh media online tersebut.
Hal ini mengemuka dalam konferensi pers yang diselenggarakan media online Yahoo Indonesia di Jakarta, Rabu (6/3/2013). Yahoo Indonesia mengungkapkan perjalanan media online tersebut sepanjang tahun 2012 dan rencana untuk tahun 2013 ini.
Menurut Country Ambassador and Sales Director Roy Simangusong, dalam melakukan bisnis di media online, yang terpenting adalah bisa menganalisis kebutuhan yang diinginkan konsumen.
"Kita harus berpikir tentang apa yang dibutuhkan konsumen. Dengan cara itu, kita bisa memiliki data pendukung sehingga kita bisa menghadirkan layanan-layanan atau konten yang menarik bagi pengguna dan pemasang iklan," tutur Roy.
Roy memaparkan fakta, menurut survei yang dilakukan media online e-marketers pada tahun 2012, pendapatan iklan seluruh media online meningkat 20-25 persen secara digital display. Sedangkan pendapatan iklan secara mobile di seluruh media online meningkat 30-35 persen.  
"Saat ini perusahaan-perusahaan besar sudah berani menganggarkan dana belanja iklan di atas 5 persen untuk media digital. Tapi jika dihitung secara keseluruhan masih berada di bawah 5 persen. Namun bisnis ini akan terus mengalami perkembangan dan sangat potensial," jelas Roy.
Pada tahun ini, fokus utama Yahoo Indonesia memperkuat penawaran konten video kepada pengguna, membawa pendekatan mobile pertama di seluruh perangkat, serta membangun dan menambah value terhadap konten utama seperti berita, olahraga, OMG dan She.  

Strategi Pemasaran Online yang Ampuh untuk Bisnis Anda


Bisnis online kini bukan lagi sebuah tren asal-asalan yang sekedar muncul karena kepopuleran internet; bisnis online telah menjadi sebuah pasar yang kuat dan memiliki potensi tinggi yang akan bertahan lama.
Ilmu strategi pemasaran kini tidak lagi terbatas pada bisnis tradisional melainkan juga bisnis seperti toko online, bisnis afiliasi, web hosting dan sebagainya.
Bahkan bisnis online lokal atau kecil-kecilan sekalipun harus memiliki konsep pemasaran yang matang dan dapat menjangkau konsumen yang luas bila ingin berkembang, terutama dengan besarnya persaingan dalam dunia bisnis online.

Strategi yang baik dalam pemasaran produk tidak hanya akan menambah potensi sukses, namun juga membuat bisnis atau perusahaan memiliki reputasi yang baik di kalangan konsumen luas serta merk yang kuat di pasaran.
Sesuai dengan sifat bisnisnya, strategi pemasaran untuk bisnis online jelas banyak memanfaatkan teknologi informasi dalam prosesnya. Tantangannya adalah bagaimana memanfaatkan berbagai macam teknologi informasi sebaik mungkin dalam strategi pemasaran, terutama dengan mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.
Berikut adalah beberapa contoh media dalam strategi pemasaran menggunakan teknologi informasi untuk bisnis online:
1. Website.
Website resmi perusahaan atau bisnis merupakan hal yang wajib dimiliki bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis online.
Akan tetapi, harus diingat bahwa jika anda ingin trik pemasaran anda lebih efektif, sebaiknya jangan lagi menggunakan blog gratisan sebagai platform website resmi perusahaan atau bisnis anda. Berinvestasilah dengan menggunakan jasa web hosting yang bermutu dan membeli domain pribadi agar website dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan terlihat lebih profesional.
2. Direktori bisnis
Selain website, tidak ada salahnya mengiklankan bisnis online anda di direktori bisnis baik lokal, nasional maupun internasional. Direktori bisnis merupakan cara bagus untuk menjaring konsumen potensial yang memang membutuhkan produk anda.

Agar bisnis anda cepat dikenal, pastikan anda tidak pelit informasi ketika memasukkan nama bisnis anda ke dalam daftar direktori.
Selain nama, alamat dan bidang bisnis anda, berikan juga logo bisnis, foto anda sebagai pelaku bisnis atau foto gedung perusahaan sebagai bagian dari profil bisnis agar pengunjung direktori bisnis tidak merasa ragu ketika hendak melihat-lihat info bisnis anda. Contoh direktori bisnis yang terkenal misalnya Yelp.
3. Video online
Video pemasaran saat ini merupakan strategi manajemen marketing yang menjadi favorit di kalangan pebisnis online.
Selain memberi dampak yang lebih besar dibandingkan iklan tertulis, video yang diunggah ke situs seperti YouTube membuat anda mampu melacak minat calon konsumen dengan melihat jumlah pengunjung, jumlah mereka yang suka dan tidak suka serta komentar yang masuk.
4. Media Sosial
Selain website resmi, perusahaan atau bisnis anda sebaiknya dibuatkan profil media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain menjadi media pemasaran yang sifatnya lebih personal, media sosial juga membuat komunikasi antar perusahaan dan calon konsumen menjadi lebih mudah.
Seperti direktori bisnis, jangan lupa membuat profil yang cukup lengkap agar calon konsumen bisa merasa lebih yakin tentang kredibilitas bisnis anda dan jangan malas memperbaharui status atau berita serta menanggapi pertanyaan pengunjung di profil anda.
Strategi pemasaran untuk bisnis online tidak hanya menyangkut media apa yang digunakan, melainkan juga bagaimana memanfaatkan media tersebut secara maksimal agar tujuan pemasaran bisnis online anda tercapai.
Jika anda memiliki visi untuk melebarkan bisnis anda, sebaiknya mulai gunakan jasa konsultan dan agen periklanan khusus pemasaran online saat jumlah dan cakupan konsumen anda mulai meluas.

1 comment:

  1. artikel mas Alfa sangat bermanfaat buat saya pribadi. Mengingatkan kembali kepada tujuan yaitu fokus pemasaran online. Terus berkarya dan sukses ya...

    ReplyDelete