Monday, March 18, 2013

hal yang dilakukan pemimpin

15 Hal yang Dilakukan Para Pemimpin Paling Sukses Setiap Hari 



Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana para pemimpin membuat keputusan terbaik mereka, padahal mereka sering kali memiliki tekanan yang luar biasa.
Proses pembuatan keputusan tersebut berasal dari akumulasi pengalaman dalam menangani danmenghadapi berbagai situasi, tipe kepribadian, dan kegagalan tak terduga.
Lebih dari itu, proses pengambilan keputusan adalah soal pemahaman yang menyeluruh terhadap perilaku sebab-akibat dan pola situasional. Kemampuan memahami informasi dan variabel yang saling terhubung dalam sebuah pola-pola tertentu memungkinkan para pemimpin mantap dalam mengambil sebuah keputusan. Bukan itu saja, mereka juga dapat memproyeksikan probabilitas hasil yang diharapkan.
Setelah membuat banyak keputusan sepanjang karir mereka, seorang pemimpin menjadi lebih tahan terhadap tekanan dan sangat intuitif dalam proses pembuatan keputusan terbaik dan strategis.
Selain mengambil keputusan, pemimpin sukses juga terus belajar dan mengasah instingnya. Mereka belajar penguasaan berbagai pola bisnis, menemukan peluang dalam situasi penuh tekanan, melayani bawahannya dan mengatasi berbagai kesulitan. Tak mengherankan para CEO terbaik digaji begitu mahal. Menurut The New York Times, pada tahun 2011 gaji untuk para CEO berada di kisaran US$ 14,5 juta.
Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin atau sudah memikul tanggung jawab sebagai seorang pemimpin, berikut 15 hal yang harus Anda lakukan setiap hari agar menjadi pemimpin sukses:
1. Membuat orang lain merasa aman
Kebanyakan para pemimpin mengintimidasi rekan kerja mereka dengan gelar dan kekuasaan. Pemimpin sukses melakukan hal sebaliknya, yaitu dengan mendorong orang lain untuk menyuarakan pendapat mereka.
Pemimpin sukses ahli dalam membuat orang lain merasa aman ketika berbicara dengannya saat berbagi perspektif dan sudut pandang. Mereka memanfaatkan keberadaan eksekutif untuk menciptakan sebuah lingkungan yang mudah didekati.
2. Membuat keputusan/kebijakan
Pemimpin sukses ahli dalam membuat keputusan. Mereka juga memfasilitasi dialog untuk memberdayakan rekan kerja mereka demi mencapai kesimpulan strategis atau melakukannya sendiri.
Mereka fokus pada “membuat hal ini terjadi” sepanjang waktu – mengambil keputusan yang mendukung kemajuan. Pemimpin sukses menguasai seni berpolitik dan tidak menyia-nyiakan waktu pada isu-isu yang mengganggu momentum.
3. Mengomunikasikan harapan
Pemimpin sukses adalah komunikator hebat. Mereka mengingatkan rekan kerja mereka tentang nilai-nilai inti bisnis dan pernyataan misi “harapan kinerja” – untuk memastikan bahwa visi mereka diterjemahkan dengan benar dan ditindaklanjuti dengan tepat.
4. Menantang orang untuk berpikir
Pemimpin sukses memahami pola pikir rekan kerja mereka, kemampuan serta area perbaikan. Mereka menggunakan pengetahuan atau pemahaman ini untuk menantang tim mereka berpikir. Jika Anda tidak berpikir, Anda tidak belajar sesuatu yang baru. Jika Anda tidak belajar, Anda tidak berkembang.
5. Bertanggung jawab kepada orang lain
Pemimpin sukses memungkinkan rekan kerja untuk mengelola pekerjaan mereka sendiri. Hal ini bukan berarti mereka membiarkan orang lain untuk mengontrol pekerjaan mereka sendiri, melainkan bertanggung jawab untuk memastikan mereka bersikap proaktif dengan kebutuhan rekan kerjanya.
Selain melakukan pendampingan dan mensponsori karyawan terpilih, bertanggung jawab kepada orang lain merupakan tanda bahwa pemimpin Anda lebih terfokus pada kesuksesan Anda.
6. Memimpin dengan teladan
Memimpin dengan memberi contoh atau teladan terdengar mudah, namun sangat sedikit pemimpin yang konsisten melakukan hal yang satu ini. Pemimpin sukses mempraktikkan apa yang mereka ajarkan serta sadar atas tindakan mereka. Mereka tahu semua orang memperhatikan, oleh karena itu mereka sangat intuitif  mendeteksi yang mengamati setiap gerakan mereka.

15 Hal yang Dilakukan Para Pemimpin Paling Sukses Setiap Hari


Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin – baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun bisnis. Salah satu tugas seorang pemimpin adalah membuat keputusan.
Nah, bagaimana para pemimpin sukses dalam membuat sebuah keputusan terbaik mereka, padahal mereka sering kali berada dalam situasi yang penuh tekanan?
7. Mengukur kinerja dan memberi reward
Pemimpin besar selalu memiliki “denyut” kuat terhadap kinerja bisnis dan orang-orang yang kinerjanya ‘juara’. Mereka tidak hanya meninjau angka dan ROI untuk mengukur kinerja, mereka juga aktif dalam mengakui kerja keras dan upaya (tidak peduli hasilnya). Pemimpin sukses tidak membiarkan begitu saja karyawan yang konsisten dalam menjalankan tanggung jawabnya. Mereka akan memberi penghargaan kepada karyawan-karyawan tersebut.
8. Memberikan feedback terus-menerus
Karyawan ingin pemimpin mereka tahu bahwa karyawan selalu memperhatikan pemimpin. Pemimpin sukses selalu memberikan feedback, dan mereka menyambut feedback dengan menciptakan hubungan yang dapat dipercaya dengan rekan kerja. Mereka memahami kekuatan perspektif dan mempelajari betapa pentingnya feedback  untuk mengaktifkan kemajuan di tempat kerja.
9. Mengalokasikan dan menyebarkan Bakat dengan benar
Pemimpin sukses tahu bakat mereka dan cara menggunakannya. Mereka ahli dalam mengaktifkan kemampuan rekan kerja mereka dan tahu kapan harus menggunakan skill mereka yang unik tersebut.
10. Mengajukan pertanyaan, mencari saran
Pemimpin sukses mengajukan pertanyaan dan meminta nasihat sepanjang waktu. Dari luar, mereka terlihat “sempurna”, namun di dalam, para pemimpin ini adalah orang-orang yang haus ilmu. Merekaterus-menerus mempelajari hal-hal baru untuk membuat diri mereka lebih baik melalui kebijaksanaan orang lain.
11. Menghindari penundaan ketika mengatasi masalah
Pemimpin sukses menangani masalah yang ada di kepalanya dan tahu bagaimana menemukan inti permasalahan yang dihadapi. Mereka tidak suka menunda sehingga menjadi sangat mahir dalam menyelesaikan masalah. Mereka belajar dari masalah dan tidak menghindari keadaan tidak nyaman.
Untuk maju dalam kehidupan kita perlu melakukan hal-hal yang kebanyakan orang tidak suka lakukan.
12. Energi & perilaku yang positif
Pemimpin sukses itu seharusnya mampu menciptakan budaya kerja yang positif dan inspiratif, tahu cara untuk mengatur nada dan sikap yang mendorong rekan kerja mereka untuk bertindak. Dengan demikian, mereka menyenangkan, dihormati, kuat, dan berkemauan keras. Mereka tidak membiarkan kegagalan mengganggu momentum.
13. Menjadi guru yang luar biasa
Pemimpin sukses tidak pernah berhenti mengajar karena mereka sendiri begitu termotivasi untuk belajar. Mereka memanfaatkan rekan kerja mereka untuk mengajarkan informasi yang baik serta pengetahuan melalui statistik, tren, dan item informasi lainnya.
Pemimpin sukses meluangkan waktu mereka untuk membimbing rekan kerja. Para pemimpin ini juga berinvestasi untuk mensponsori orang-orang yang telah membuktikan kemampuan mereka dan bersemangat untuk meningkatkan bisnis.
14. Berinvestasi dalam hubungan
Pemimpin sukses tidak fokus pada perlindungan domain mereka saja, mereka juga mengembangkannya dengan berinvestasi dalam hubungan yang saling menguntungkan. Pemimpin sukses biasanya jenis orang yang dapat memperluas lingkup pengaruh mereka. Tidak hanya untuk kemajuan mereka sendiri, tetapi juga orang lain.
Pemimpin berbagi kesuksesan mereka untuk membantu membangun momentum bagi orang di sekelilingnya.
15. Benar-benar menikmati tanggung Jawab
Pemimpin sukses senang menjadi pemimpin – bukan demi kekuasaan tetapi untuk memberikan dampak berarti serta tujuan mereka dapat terwujud. Bila Anda telah mencapai tingkat kepemimpinan senior, kemampuan Anda dapat digunakan untuk membina orang lain dan hal ini tidak dapat dicapai kecuali jika Anda benar-benar menikmati apa yang Anda lakukan.
Pada akhirnya, pemimpin sukses mampu mempertahankan keberhasilan mereka karena 15 hal yang mereka lakukan setiap hari untuk meningkatkan nilai merek perusahaan mereka – sementara pada saat yang bersamaan meminimalkan risiko operasional. Mereka melayani sebagai pendorong bakat, budaya, dan keberhasilan.

9 Sifat Para Pemimpin Paling Berbakat



Bos yang baik di atas kertas terlihat baik. Bos yang hebat terlihat hebat secara pribadi, dan tindakan mereka memperlihatkan nilai mereka.
Namun, beberapa bos melakukannya lebih jauh lagi. Mereka mengagumkan. Bukan karena mereka melakukan sesuatu yang terlihat, tetapi juga yang tidak terlihat.
Berikut sembilan sifat para pemimpin paling berbakat:
1. Memaafkan … dan melupakan
Ketika seorang karyawan melakukan sebuah kesalahan besar. Sangat mudah melihat karyawan itu dari sudut pandang kesalahan tersebut.
Tetapi, satu kesalahan atau satu kelemahan, hanyalah salah satu bagian dari seseorang secara keseluruhan. Bos yang hebat mampu melangkah mundur, mengesampingkan suatu kesalahan, dan memikirkan karyawan secara keseluruhan.
Bos yang hebat juga bisa melupakan kesalahan itu. Karena mereka tahu jika setiap karyawan selalu melihat insiden tersebut, itu akan mempengaruhi cara mereka memperlakukan karyawan tersebut.
2. Mengubah tujuan perusahaan menjadi tujuan pribadi karyawan.
Bos yang hebat menginspirasi karyawan mereka untuk mencapai tujuan perusahaan. Para bos tersebut membuat karyawan merasa apa yang dilakukan akan menguntungkan mereka seperti halnya perusahaan tersebut. Dengan begitu, mereka akan bekerja lebih keras untuk Anda.
Apakah mereka akan mendapatkan pengembangan profesi, atau kesempatan untuk tumbuh. karyawan yang merasa tujuan perusahaan adalah tujuan pribadi akan jauh lebih unggul karena mereka melakukannya dengan senang hati.
Bos yang hebat tahu karyawan mereka cukup baik untuk menekan dirinya sendiri, bukan sekadar profesional.
3. Mereka melihat tindakan masa lalu sebagai motivasi
Terkadang karyawan melakukan sebuah kesalahan. Misalnya, mereka mengambil alih proyek tanpa terlebih dahulu mendapat persetujuan atau pembenaran. Atau merebut posisi, memainkan permainan politik, dan mengabaikan tujuan perusahaan demi mengejar tujuan pribadi.
Ketika semua itu terjadi, sangat mudah untuk mengasumsikan bahwa mereka tidak mendengarkan, atau tidak peduli. Namun, hampir selalu ada alasan yang lebih dalam.
Bisa saja karena mereka merasa dihambat, merasa memiliki kendali, merasa terpinggirkan atau frustasi, atau mungkin mencoba menemukan sesuatu yang lebih dalam pekerjaan mereka.
Bos yang efektif akan segera melakukan tindakan. Bos yang hebat akan mencari akar permasalahan tersebut ketika mengatasinya, akibatnya akan terjadi perubahan yang lebih besar untuk lebih baik.
4. Selalu mendukung karyawan
Seorang pelanggan marah. Seorang rekan kerja merasa frustrasi. Apapun masalahnya, bos yang baik akan selalu mendukung karyawan mereka.
Mereka tahu bahwa melakukan hal yang sebaliknya dapat melemahkan kredibilitas dan mungkin juga wewenang karyawan tersebut. Bos yang hebat tidak mengatakan apa pun. Mereka akan selalu mendukung bahkan jika karyawan mereka mendapat sorotan negatif.
5. Sangat sedikit membuat keputusan publik.
Ketika seorang bos harus membuat sebuah keputusan, mereka mencari orang yang tepat untuk mengambil keputusan tersebut. Orang tersebut adalah karyawan, karena mereka orang yang paling dekat dengan masalah.
Ketegasan adalah kualitas seorang atasan yang baik. Bos yang hebat bisa menjadi penentu tetapi sering kali dengan cara yang berbeda. Mereka memutuskan siapa orang yang tepat dan siapa yang tidak.
Mereka melakukan hal tersebut bukan karena tidak ingin membuat keputusan atau menghindar, tapi karena mereka tahu mereka tidak harus membuat keputusan.
6. Tidak melihat kendali sebagai hadiah.
Banyak orang yang ingin menjadi bos karena dapat mengendalikan banyak orang. Bos yang hebat tidak peduli dengan pengendalian. Hal ini membuat mereka tidak terlihat mengendalikan karyawan. Mereka terlihat sebagai orang yang membantu.
7. Membiarkan karyawan belajar sendiri.
Sangat mudah bagi bos untuk untuk menanyai karyawan dan mengubah momen mendidik menjadi sebuah pelajaran. Sayangnya, hal itu justru hanya akan mempersulit karyawan belajar.
Ketika karyawan berbuat salah, bos yang hebat tidak memarahi atau mendikte. Mereka bekerja sama dengan karyawan untuk mencari tahu apa penyebabnya dan harus berbuat apa untuk memperbaiki kesalahan.
Mereka membantu mencari jalan yang lebih baik, bukan pendisiplinan. Karyawan hebat tidak perlu dimarahi atau ditegur. Mereka tahu jika mereka berbuat salah.
8. Membiarkan karyawan memiliki ide.
Bos yang hebat melihat potensi karyawan mereka. Bos tersebut juga mempunyai cara tersendiri untuk merangsang lahirnya ide-ide segar dari para karyawannya.
9. Selalu ingin berbuat lebih baik lagi
Kepemimpinan seperti hamparan ketidakamanan. Bos mengkhawatirkan semuanya – termasuk karyawan, pelanggan, dan hasil.
Itulah sebabnya, setiap kali mereka selalu merasa ingin melakukan pekerjaan lebih baik lagi. Memperlakukan karyawan dengan lebih baik..
Meskipun Anda tidak bisa melihatnya. Ketika mereka keluar dari rumah, bos yang hebat membuat komitmen untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dari yang mereka lakukan kemarin. Kemudian mereka melakukannya.

No comments:

Post a Comment