Thursday, March 7, 2013

pemasaran melalui koran


Logika Marketing ala Penjual Koran

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjual koran jalanan rata-rata bukan orang dengan latar belakang pendidikan memadai. Namun, tempaan pengalaman telah melatih logika (common sense) mereka menemukan strategi pemasaran media yang menguntungkan.
Dede (25), saat melintasi Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2011), terlihat menggenggam setumpuk media cetak dengan tangan kirinya. Tangan kanannya melambaikan dua harian terbitan Ibu Kota.
"Kalau yang dua (koran) ini yang kemungkinan paling banyak dibeli. Yang satu karena selalu dibeli dan yang ini karena judulnya paling menarik," kata Dede sambil menunjukkan harian yang memilih tema "Uang Pulsa Anggota DPR" sebagai headline. Media cetak yang dilambaikan, menurut Dede, adalah media yang dipilih sebagai prioritas penjualannya hari itu.
Dede tidak bisa memberikan alasan mengapa judul tertentu dianggap paling menarik minat pembeli. Namun, pria yang mampu menamatkan SMEA dari hasil berjualan koran ini menjamin, dari pengalamannya selama 18 tahun, judul harian tersebut paling mengundang minat baca. "Ini yang paling menarik. Bisa jadi yang paling laris terjual hari ini," katanya.
Pedagang koran jalanan ini setiap hari berjualan koran mulai dari perempatan Matraman, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), hingga ke Taman Ismail Marzuki. Menurut Dede, feeling-nya sudah terlatih untuk menangkap kecenderungan minat dan karakter pasar. Dia pun sudah bisa mengategorikan pembeli berdasarkan lokasi penjualan.
"Kalau pembeli di jalan atau dalam bus, biasanya yang dicari bukan korannya, tapi beritanya. Jadi topik yang lagi hangat yang dicari. Kalau di rumah sakit, tabloid dan majalah lebih menarik," jelas Dede.
Pendapat tak jauh berbeda disampaikan Surya Sihite (20), penjaja koran di perempatan Matraman. "Judul yang gede dan menarik, foto yang bagus dan warnanya enak dilihat," tuturnya menjelaskan pilihan pembeli koran di jalan. Ia lantas memberi contoh dengan membandingkan tiga koran.
"Ini yang paling bagus, tulisannya gede dan gambarnya bagus. Kalau ini gambarnya kurang menarik. Yang satu ini judulnya terlalu datar," kata pria tamatan SMP ini menganalisa.
Berbeda dengan kedua penjual sebelumnya, Ungkap Nababan (49), penjual koran di perempatan Matraman, memiliki kriteria tersendiri. Dia tidak mengenal istilah teknis yellow journalism/press (jurnalisme kuning) maupun istilah hit an eye atau eye-catching. Namun, Nababan memiliki pandangan tersendiri.
"Judul saja tidak lagi menentukan. Sekarang pembaca sudah paham mana koran yang menarik. Beberapa pembeli pernah bilang koran ini judulnya doang yang menarik. Isinya cuma manas-manasin dan gosip, malah enggak ada hubungan sama judulnya," ujar Nababan sambil menunjukkan sebuah surat kabar.
Menurut dia, oplah koran tersebut menurun drastis karena masyarakat saat ini semakin memahami strategi pemberitaan media itu.
Dia berpendapat, tampilan halaman depan yang serampangan akan mengurangi minat baca. "Kecuali kalau media itu punya informasi khusus yang dicari pembaca," katanya sambil menunjukkan dua tabloid khusus perangkat komunikasi dan otomotif.
Pria asal Medan yang merantau ke Jakarta sejak 1983 ini melanjutkan, topik yang mengundang minat pembeli adalah yang menyajikan isu aktual dan skandal atau kasus yang melibatkan publik figur. "Kalau saat ini yang paling menarik, ya, kasus-kasusnya DPR dan masalah di PSSI," ujarnya.
Nababan yang sudah puluhan tahun menjajakan media cetak, sejak 1984, juga menyebut beberapa lokasi strategis yang menjadi tempat pemasaran mereka. Perempatan utama dan ramai serta rumah sakit menjadi lokasi paling ideal, menurutnya, selain terminal angkutan umum. Meski demikian, jalan-jalan tertentu yang relatif tidak begitu ramai pun memiliki tingkat penjualan tinggi.
"Kawasan Menteng-Cikini, seperti Jalan Imam Bonjol dan Jalan Diponegoro, termasuk wilayah laris. Orang-orang bermobil yang lewat di situ kayaknya suka membaca koran. Sayangnya sekarang sudah dilarang. Katanya, karena pejabat negara sering lewat di situ," ungkap Nababan dengan dialek Medan yang khas.
Dia juga menyebut dua surat kabar khusus Jakarta sebagai media yang paling diburu pembaca. Oplah kedua koran tersebut di atas seratus per hari, merujuk hasil penjualannya dibantu tiga orang bawahannya di sekitar Matraman dan Salemba. "Biasanya saya ambil 120-150 eksemplar untuk kedua koran itu," kata Nababan.

Pentingnya Dari Periklanan Dalam Surat Kabar Dan Majalah

Webwindows, sebuah lembaga Media terkemuka di Inggris, menyarankan bisnis online untuk memanfaatkan kekuatan media cetak untuk menjangkau pelanggan dan pasar sasaran mereka. Ini rekomendasi dari Webwindows diperkuat oleh temuan penelitian, yang semuanya menegaskan fakta bahwa ketika datang ke iklan, media cetak masih berkuasa atas media online. Alasannya, kata Webwindows, tidak sulit untuk menemukan. Koran telah ada selama berabad-abad dan merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari rakyat. Webwindows juga berpendapat bahwa dengan memasang iklan di surat kabar dan majalah, perusahaan dapat menargetkan orang-orang juga yang tidak memiliki akses ke Internet. Kemudian lagi, Webwindows benar merasa bahwa tidak semua orang tech-savvy. Jadi dengan iklan di koran dan majalah, Webwindows merasa bahwa perusahaan dapat mencapai basis konsumen yang lebih besar. Webwindows menekankan pada pentingnya iklan di koran dan majalah dengan menyatakan bahwa pengembalian investasi jauh lebih baik dari iklan di media web. Angka terbaru yang mengarah ke meningkatnya biaya iklan online mendukung stand diambil oleh Webwindows
Webwindows kasus juga didukung oleh temuan terbaru oleh Deloitte. Menurut laporannya, ada orang-orang yang benar-benar akan membayar untuk mendapatkan iklan online off dari halaman-halaman yang mereka baca. Hal ini karena mereka cenderung mengalihkan perhatian ketika seseorang mencoba untuk berkonsentrasi pada membaca isi halaman. Di sisi lain, iklan di koran dan majalah yang statis dan ditempatkan di tempat-tempat tertentu. Menurut orang Webwindows yang membaca iklan di koran, membaca mereka karena mereka ingin membaca mereka dan bukan karena mereka dipaksa pada mereka. Ini menurut Webwindows membuat iklan offline lebih efektif daripada iklan online. Webwindows telah berhasil memanfaatkan kekuatan koran dan iklan majalah. Halaman Webwindows, adalah halaman khusus yang muncul dalam tujuh Surat kabar terkemuka di Inggris. Halaman Webwindows dimaksudkan untuk perusahaan kecil dan menengah untuk mengiklankan penawaran online mereka. Halaman Webwindows memiliki pembaca kolektif lebih dari lima juta orang yang melakukan scan untuk tawar-menawar online dan penawaran. Hal lain yang masuk dalam mendukung halaman Webwindows adalah bahwa orang membacanya karena mereka ingin membacanya dan bukan karena mereka tidak perlu terganggu oleh itu. Kemudian lagi, halaman Webwindows telah muncul di koran selama sepuluh tahun terakhir dan telah membangun reputasi yang kuat. Dengan iklan di halaman Webwindows, perusahaan dapat mencapai mereka target pasar dan orang target. Hal ini jelas bahwa orang-orang yang membaca koran dan majalah cenderung dididik dan makmur dan memiliki daya beli. Mereka membaca halaman Webwindows karena mereka sebenarnya mencari barang dan jasa yang ada di penjualan online. Semua mereka harus lakukan adalah untuk membaca iklan di halaman Webwindows, log on ke Internet, masukkan URL dan mencapai situs web dengan menawarkan mereka miliki dalam pikiran, dan mencari informasi atau melakukan pembelian. Ini menurut Webwindows adalah kekuatan surat kabar dan majalah dalam mempromosikan penjualan online dan bisnis.

Apakah koran Dan Majalah Periklanan Strategi Periklanan Aman

  • Iklan di koran dan majalah adalah cara yang paling aman dan paling pasti untuk memastikan tingkat tinggi lalu lintas ke situs Web Anda. Pergi dengan angka-angka terakhir, cetak aturan periklanan atas semua metode periklanan lainnya di Inggris. Webwindows, terkemuka media agensi, alasan bahwa Surat kabar dan majalah merupakan sumber dicoba dan diuji dari iklan dan telah sekitar untuk begitu lama, mereka adalah bagian penting dari jiwa kolektif masyarakat. Webwindows lanjut merasa bahwa majalah dan surat kabar adalah metode yang aman dari iklan karena konsumen tahu bahwa dalam kebanyakan kasus hanya orang-orang asli akan membayar untuk beriklan. Ini tidak terjadi dengan online media online untuk Internet menawarkan banyak saluran iklan gratis. Ini menurut Webwindows membuka jalan untuk kegiatan penipuan. Iklan di web memiliki keterbatasan yang menurut Webwindows. Pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mengontrol aktivitas di Internet tetapi masih ada celah dan orang-orang dengan mudah dapat diambil untuk naik. Itu sebabnya, Webwindows, merasa bahwa surat kabar dan majalah kepercayaan orang lebih dari Internet, sejauh mereka membuat keputusan pembelian yang bersangkutan. Faktor lain yang bertentangan iklan online, menurut Webwindows, adalah bahwa biaya iklan online akan naik berlanjut. Artinya, jika orang memilih untuk asli metode pemasaran online, mereka harus membayar lebih tinggi dari mereka akan untuk iklan cetak.
  • Mengingat pembahasan di atas jelas bahwa majalah dan iklan surat kabar menyediakan strategi yang aman. Pertimbangkan kasus Webwindows, sebuah biro iklan yang memungkinkan perusahaan online kecil dan menengah untuk menempatkan iklan warna di bagian akhir pekan suplemen dari tujuh koran broadsheet dan majalah penting di Inggris. Halaman Webwindows memiliki pembaca kolektif lebih dari lima juta orang setiap minggu. Jadi dengan iklan di halaman Webwindows di koran, perusahaan online dapat menjangkau khalayak yang tepat, pasar yang tepat dan para pembuat keputusan kunci yang dapat membuat semua perbedaan untuk Bisnis mereka. Webwindows menunjukkan bahwa jika surat kabar majalah, iklan dilakukan dengan cara yang benar, dapat membuktikan menjadi alat yang sangat efektif membanjiri website Anda dengan lalu lintas belanja yang tinggi. Hal ini karena orang-orang yang membaca iklan Anda di media cetak, seperti halaman Webwindows, membaca mereka karena mereka benar-benar ingin melakukan pembelian dari kenyamanan rumah mereka. Jadi jika Anda iklan di majalah dan surat kabar, Webwindows menjamin bahwa dalam semua kemungkinan, Anda akan mendapatkan peningkatan jumlah permintaan web dan penjualan online secara signifikan lebih. Semakin Anda beriklan di media cetak semakin baik hasil yang Anda akan mendapatkan. Webwindows menunjukkan bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik perusahaan harus mengulangi minimal tiga kali iklannya. Sekali lagi, jika Anda beriklan dengan Webwindows, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari diskon menarik dan paket dan program-program loyalitas pelanggan juga. Para wakil Webwindows juga akan membantu Anda untuk menyusun rancangan dan desain iklan baris Anda untuk hasil yang maksimal.

No comments:

Post a Comment