Empat Strategi Bisnis EMC 2013
Sudah menjadi agenda tahunan bagi
tiap-tiap perusahaan IT untuk memilih 1 di antara 2 opsi, merawat sistem
yang sudah ada atau membangun sistem baru guna meningkatkan laba
perusahaan. “Secara umum, sebanyak 63% dari mereka memilih untuk
mengelola sistem yang sudah ada, sedangkan sisanya yaitu 37% baru
difokuskan untuk investasi yang bersifat profitable,” terang Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia.
Seperti perusahaan IT lainnya, EMC
Corporation, perusahaan tingkat global yang bergerak di bidang storage
ini pun dihadapkan pada pilihan yang sama. EMC benar-benar berupaya
dalam mempertimbangkan ke mana arah bisnisnya berlanjut. Hal ini
berjalan seiring dengan tren teknologi yang muncul secara bersamaan,
diantaranya mobilitas, jejaring sosial, komputasi awan, dan big data.
Meskipun dalam hal keempat tren teknologi tersebut EMC masih menjadi
pemimpin.
Adi kemudian menjabarkan bahwa ranah
utama aktivitas EMC di tahun 2013 ini mencakup 4 area, yaitu storage,
komputasi awan, big data, serta partner bisnis. Pertama masalah storage,
EMC akan berfokus pada penyediaan seperangkat susunan storage utama,
mulai dari VMAX, VNX, hingga isilon. Dalam hal ini, EMC berinovasi untuk
memperluas setiap lini storage yang ada guna menunjang kemampuan dasar
pengarsipan berkapasitas tinggi yang dari tahun ke tahun selalu
bertambah.
Di ranah komputasi awan, EMC akan
menawarkan portofolio arsitektur komputasi awan yang lebih luas melalui 3
jalan. Pertama, menyediakan komponen infrastruktur komputasi awan.
Kedua, menyediakan solusi konvergensi komputasi awan secara penuh.
Artinya solusi ini sudah melalui proses prakonfigurasi, praintegrasi,
dan prauji melalui Vblock EMC. Ketiga, menyediakan arsitektur awan VSPEX
yang diklaim telah direferensikan dengan pilihan teknologi yang dapat
dikonfigurasikan dari pemimpin industri melalui mitra EMC.
Area selanjutnya adalah Big Data. EMC,
melalui divisi Greenplum, membantu menawarkan solusi dan platform
jajaran Big Datanya sehingga klien dapat menyusun dan memproses data
dengan mudah, di samping dapat menambah informasi berharga yang dapat
menunjang bisnisnya ke depan.
Terakhir, untuk membangun jejaring
bisnis semakin baik, EMC menekankan 3 poin utama, kesederhanaan,
profitabilitas, dan prediktabilitas selama berhubungan dengan mitra.
“EMC akan terus memfokuskan strategi go-to market ini untuk memperluas
jangkauan kami serta menyediakan pilihan yang lebih luas dalam mengakses
produk maupun layanan IT yang lebih baik,” pungkasnya. (EVA)
No comments:
Post a Comment