Konsep Sistem informasi Pemasaran
Konsep dasar pemasaran
Pada tahun 1966 Profesor Philip Kotler dari Northwestern
University mendefinisikan tiga jenis informasi pemasaran sebagai berikut:
A. Intelijen
Pemasaran (marketing intelligence)
Informasi
yang mengalir ke perusahaan dari lingkungan
B. Informasi
Pemasaran Intern (internal marketing information)
Informasi
yang dikumpulkan di dalam perusahaan
C. Komunikasi
Pemasaran (marketing communication)
Informasi
yang mengalir keluar dari perusahaan ke lingkungan.
Model Sistem
Informasi Pemasaran terdiri dari subsistem output dan subsistem input.
« Subsistem
Output:
Tiap
subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem sebagai bagian dari
marketing mix.
Ada empat bagian yaitu:
1. Subsistem produk menyediakan informasi
tentang produk-produk suatu perusahaan,
2. Subsistem tempat menyediakan informasi
tentang jaringan distribusi suatu perusahaan,
3. Subsistem promosi menyediakan informasi
tentang kegiatan advertising dan penjualan langsung,
4. Subsistem harga membantu manager untuk
membuat suatu keputusan mengenai harga produk perusahaan.
« Subsistem Input
Subsistem input terdiri dari tiga bagian yaitu:
1. Sistem Informasi Akuntansi
2. Subsistem Intelijen
Pemasaran
3. Subsistem
Penelitian Pemasaran
MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN
A. Subsistem
Pemrosesan Data
Manager pemasaran menggunakan penelitian pemasaran untuk mengumpulkan
berbagai informasi. Informasi yang dikumpulkan terbagi menjadi 2 yaitu:
Data
Primer dan data sekunder
Penelitian
pemasaran digunakan untuk mengumpulkan data primer melalui beberapa teknik
penelitian yaitu :
A.1 Survei,
Survei adalah salah satu teknik
penelitian pemsaran yang menanyakan sejumlah orang dengan pertanyaan yang sama.
A.2 Wawancara mendalam,
Wawancara
mendalam tidak berbeda jauh dengan survey namun waktu yang digunakan wawancara
lebih panjang dan lebih berpusat kepada apa yang akan konsumen lakukan.
A.3 Pengamatan,
Pengamatan
merupakan teknik penelitian yang sangat detail karena peneliti mencatat nomor
plat mobil atau motor dari parkiran perbelanjaan dan terkadang peneliti pun
memperhatikan sampah orang untuk mempelajari produk apa yang sering di konsumsi
oleh konsumen.
A.4 Pengujian
Terkendali
Pengujian terkendali mencari
suatu subyek dalam percobaan yang dirancang untuk mengukur dampak dari suatu
perlakuan tertentu.
B.
Subsistem riset pemasaran
Penelitian pemasaran digunakan untuk
mengumpulkan data sekunder melalui beberapa teknik penelitian :
B.1 Mailing
Lists,
Daftar alamat surat yang tersedia dalam
berbagai bentuk, termasuk pita magnetic, disket, dan kartu indeks.
B.2 Direct
Mail
Suatu daftar yang memungkinkan
perusahaan membuat sebuah kontrak dengan pasar sangat terpilih, biasanya dengan
surat langsung.
C.
Subsistem
inteligensi pemasaran
Pemasaran memiliki tanggung jawab utama pada para pelanggan dan pesaing.
Sistem informasi akuntansi mengumpulkan seluruh data pelanggan dan subsistem
intelejensi pemasaran mengumpulkan seluruh data pesaing.
D. Subsistem Produk
Produk
merupakan suatu unsur utama di dalam marketing mix dan perusahaan pun berhak
memutuskan untuk menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu.
Tugas dari manager pemasaran adalah mengembangkan suatu strategi dan taktik di dalam marketing mix
dan mengintegrasikannya menjadi suatu rencana pemasaran.
Siklus
hidup produk (product life cycle) merupakan penjualan suatu produk yang dimulai
dari perkenalan, perkembangan, dan penurunan. Tahap perkenalan tahap dimana
untuk memperkenalkan suatu produk. Tahap perkembangan merupakan strategi untuk
membuat bagaimana penjualan akan tetap berjalan. Tahap penurunan suatu tahap
dimana penghapusan suatu produk yang sudah tidak dikonsumsi lagi oleh konsumen.
E.
Subsistem promosi
Promosi
merupakan salah satu cara untuk meningkatkan tingkat penjualan dalam bidang
pemasaran. Satu area promosi tempat komputer yaitu komunikasi wiraniaga.
F.
Subsistem Harga
Subsistem
harga hampir
serupa dengan subsistem promosi dalam hal dukungan keputusan. Penentuan
Harga Berdasarkan Biaya menetukan biaya – biaya yang akan dikeluarkan dan
menambahkan mark-up yang diinginkan.
G.
Subsistem unsur terpadu
Subsistem unsur terpadu mendukung para
manager saat unsur - unsur bauran
pemasaran dikombinasikan untuk membentuk suatu strategi.
No comments:
Post a Comment