Enterpreneur Strategi Utama Bagi Pertumbuhan Ekonomi
Peranan enterpreneur seakan mengubah setiap setiap hal mulai dari individu, komunitas, dan juga bangsa. Sekarang semua sudah menyadari bahwa menjadi enterpreneur merupakan salah satu strategi utama agar bangsa semakin maju. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Syarief Hasan saat peluncuran buku terbaru karya Rhenald Kasali, Cracking Enterpreneurs.Melihat apa yang sudah dirintis oleh Prof. Rhenald Kasali, lewat bukunya Cracking Enterpreneur, saya kemudian menyikapi, mengamati, dan kemudian merasa patut untuk menobatkan beliau sebagai inspirator bagi para generasi muda Indonesia untuk berwirausaha. Tidak salah rasanya untuk menobatkan beliau sebagai enterpreneurs of enterpreneur,” katanya.
Syarif melihat adanya semangat yang diperlihatkan oleh masyarakat Indonesia, mulai dari akademisi sampai pengusaha-pengusaha yang peduli terhadap enterpreneur. Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah sejak 2 tahun lalu sudah mencanangkan gerakan nasional enterpreneur. “Saya berpendapat bahwa Dr. Rhenald Kasali ini berhasil mewujudkan visi misinya sehingga rasio enterpreneurship mulai meningkat dari tahun ke tahun. Pada saat masih 0,15 %, rasanya sangat sedih. Karena begitu banyak opportunity tidak dapat kita manfaatkan.Tapi ekonom kita semakin bagus. Sehingga dalam waktu singkat, rasionya meningkat. Sekarang sudah mencapai 1,56%,” dia menguraikan..
Lebih jauh, Syarif mengatakan bahwa ada hal-hal yang memicu sulitnya enterpreneur sebelumnya bisa naik dengan cepat. Terdapat 3 kendala klasik yang selalu dihadapi para enterpreneur pemula terutama di sektor UKM. Pertama adalah akses terhadap pembiayaan. Kedua adalah pendampingan agar bagaimana mereka bisa menciptakan suatu produk, baik barang maupun jasa yang bernilai tambah tinggi. Sementara pendampingan tersebut tidak hanya dilakukan secara one step saja. Ketiga adalah bagaimana agar para pengusaha memiliki akses ke masyarakat. Ketiga aspek inilah yang menjadi satu kesatuan.
Syarif berpendapat bahwa yang terpenting adalah mengubah behavior konsumen. Ini yang ia rasa paling sulit. Betul-betul harus ada dorongan agar konsumen ada keberpihakan kepada produk Indonesia. “Kalau cinta kepada produk dalam negeri, ya beli dong. Kita harus beli. Dalam proses mencintai, ya kita harus memiliki. Kita harus mengkonsumsi produk kita sendiri. Itu baru tahap awal, belum final. Tahap yang paling bagus adalah kita harus loyal. Karena kalau kita loyal pada produk dalam negeri, artinya akan terdapat transaksi. Kalau kita jalankan, maka saya yakin dan percaya, UKM ini akan semakin eksis. Para enterpreneur ini akan semakin berhasil. Itulah kerangkanya. Dan pemerintah sebagai stimulator, pengambil kebijakan, akan betul-betul komitmen dalam memfasilitasinya,” tambahnya.
Rahasia Bisnis Pendidikan Cucu Ki Hajar Dewantoro
Darah
Pahlawan Pendidikan Ki Hajar Dewantoro mengalir pada sang cucu, Antarina
SF. Amir. Lewat sekolah internasional Highscope, ia meneruskan
perjuangan sang kakek untuk memajukan pendidikan di Indonesia.
“Saya kuliah
di jurusan akutansi dan tidak pernah berpikir akan menjadi pendidik
seperti kakek. Pertama kali saya dibukakan mata ketika mengambil S2 di
Amerika,” ujar lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI),
Clarion University of Penssylvania, Master of Business Administration
dan Master of Science di University of Pittsburg, Pennsylvania, AS ini.
Saat itu,
matanya dibukakan tentang adanya dua paradigma sistem pendidikan.
Profesor yang mengajar bilang, sistem pendidikan tradisional mengajarkan
gambar bunga harus selalu merah dan daun berwarna hijau. Sang profesor
kemudian membacakan sebuah puisi karya Harry Chaplin berjudul Flowers are Red,
yang berkisah seorang anak yang depresi karena tak boleh menggambar
bunga dengan warna yang lain. Akhirnya hidupnya pun terbentuk statis.
Sistem pendidikan seperti itu tidak mendorong kreativitas, ambition, curiousity, sense of adventure, dan sebagainya.
Lain halnya dengan paradigma baru pendidikan, yaitu konstruktivis. Membentuk pengetahuan sendiri, dengan cara belajar investigative dan inquiry
(tanya jawab). Anak yang berbakat bukan hanya karena taat pada guru,
tetapi yang kreatif dan produktif, serta bisa mengambil keputusan
sendiri dan percaya diri. Ada keseimbangan antara pengetahuan kognitif,
sosial dan emosional. Anak tidak merasa terforsir, melainkan
terstimulasi dan termotivasi.
“Dari situ
akan lahir bunga yang tak hanya merah, tapi boleh berwarna-warni. Saya
ingin menjadi orang yang membantu melahirkan bunga berwarna-warni itu.”
Sejak saat itu
ide membuat sekolah pun selalu menari-nari di otak perempuan yang
bernama lengkap Ratna Dewi Antarina ini. Ide tersebut akhirnya ia
wujudkan pada tahun 1996 ketika ia mendirikan sekolah internasional
Highscope. Modal awal kurang dari Rp 500 juta, merupakan modal awal
perjuangan Antarina membenahi kualitas sumber daya manusia (SDM) di
negeri ini.
Ada empat
level program pendidikan yang ditawarkan. Early Childhood Educational
Program (ECEP) untuk anak-anak usia 18 bulan – 5 tahun, Elementary
(setingkat SD) mulai TK B (anak usia 5 tahun) – kelas 5, Middle School
(setingkat SMP) mulai kelas 6 – 8, dan High School (setingkat SMA) mulai
kelas 9 – 12. Metode pengajarannya tergantung kepada masing-masing
siswa (metode student centered). Jadi si anak boleh memilih pelajaran
sesuai dengan kelas dan ketertarikannya.
Menurut
Antarina, membenahi SDM di negeri ini hanya bisa dilakukan melalui
pendidikan sejak dini. “Kalau orang berpikir untuk membenahi SDM dari
tingkat universitas, itu salah besar. Karakter dan skill harus dibentuk
sejak dini, dari pra sekolah sampai SMA. Di bangku kuliah harusnya
belajar bagaimana mengambil keputusan, sayangnya di Indonesia saya yang
juga dosen masih berkutat untuk mengajari cara belajar, lulus SMA belum
bisa membaca laporan keuangan,” ujar perempuan yang juga tercatat
sebagai dosen UI ini.
Meski Antarina
cucu dari Ki hajar Dewantoro, namun apa yang ditawarkannya lewat
Highscope ternyata tak langsung diterima masyarakat. Bahkan murid awal
Highscope hanya 8 siswa. Antarina tak pernah putus asa. Ia terus
mengedukasi orang tua murid, bahkan sekarang menjadi salah satu strategi
marketingnya yaitu community base. Dari mulut ke mulut ia kelola supaya terus menyebar, sambil meningkatkan kemampuan para pengajar dalam mengedukasi.
“Pernah saya
sampai jam 01.30 WIB harus menghadapi orang tua. Dia bertanya mau dibawa
kemana anak saya? Dia hanya berpikir akademis, padahal karakter dan
skill kan baru 10-20 tahun kemudian bukti nyatanya. Alhamdulillah
anak-anak yang kemarin di pra sekolah, kini sudah masuk ke universitas
dan terlihat hasilnya. Saya katakan, kalau Anda percaya silahkan datang,
kalau tidak silahkan pergi. Orang-orang yang meninggalkan saya akan
menyesal di kemudian hari,” paparnya.
Dengan
berbekal perjuangan yang pantang menyerah itu, pelan namun pasti
akhirnya Highscope mampu menjadi salah satu sekolah internasional yang
besar di negeri ini. Saat ini Highscope memiliki 10 unit sekolah yang
tersebar di Jakarta, Bandung, Medan dan Bali. Dalam waktu dekat, akan
dibuka juga cabang di Surabaya, Riau dan Palembang. Tercatat 2.500 siswa
terdaftar bersekolah di Highscope Indonesia, ditangani 500 tenaga
pengajar.
Bisnis
pendidikan ini pun berkembang besar dengan keuntungan lebih dari Rp 10
miliar per tahun. Dana yang didapatkan, diputarnya terus memperkuat
kualitas SDM dan fasilitas, sehingga tak tanggung-tanggung Highscope
merogoh kocek Rp 2 miliar per tahun guna membiayai penelitian dan
pengembangan pendidikan.
“Obsesi saya
ke depan ingin melakukan kerja sama internasional. Sekarang sudah ada
teman-teman dari HighScope Cina dan Amerika Latin belajar ke kami.
Bentuk kerja samanya masih saya pikirkan. Saya juga akan bicara ke
Highscope AS, namun begitu kami ini sudah mandiri, cuma nama Highscope
nya saja dari sana, tapi produk-produk pengembangan usahanya sudah kami
kembangkan sendiri dari Indonesia. Kami bukan sekedar seperti franchise
yang tinggal ambil lalu jual,” ujar ibu dari tiga anak ini.
Obsesinya yang lain yakni mengembangkan Corporate Social Responsbility
(CSR) Highscope. “Bentuk CSR nya adalah mengembangkan program
entrepreneur untuk anak-anak SMA. Mulai tahun depan kami akan mengadakan
virtual enterprise dimana anak-anak entrepreneur SMA ini akan trading dengan virtual enterprise
di Amerika, Australia, Eropa dan lainnya. Selain itu, saya juga akan
membuat program sekolah asuh. Kalau beasiswa cuma segelintir, jadi saya
ingin membina sekolah. Jadi banyak sekali ide yang ada di otak saya,
seperti mau meledak.
No comments:
Post a Comment